Wednesday, June 17, 2009

SEANDAINYA....MAKA SEJAHTERALAH BANGSAKU

SEANDAINYA...., MAKA SEJAHTERLAH BANGSA INI
Dalam perjalanan usia saya yang lebih dari 50 tahun ini, banyak hal yang telah saya dapat dan mestinya dapat bermanfaat bagi orang maupun pihak lain. Simple dan relatif mudah dilakukan dan...karena itulah tulisan ini akan berikan judul itu.
Melalui blog yang saya punya, anda secara bertahap akan menemukan buah pemikiran, konsep maupun pengalaman yang saya lakukan. Saya akan menuliskannya secara singkat dan akan saya mulai dari nomor 0001, Silahkan anda baca dan telaah dengan meninjauanya dari berbagai aspek/sudut pandang. Silahkan pula anda memberikan komentar dan saya ajak anda untuk membahasnya lebih lanjut. saya akan menemani anda kalau pemikiran, konsep maupun pengalaman saya anda gunakan.
  1. Andainya..., di berbagai wilayah Indonesia ini dapat ditanam kedelai "setiap hari" maka akan dapat dipanen "setiap hari", maka tidak perlu import kedelai. Kebutuhan kedelai menjadi keharusan karena umumnya kita "setiap hari" makan tahu dan atau tempe.
  2. Andainya..., di seluruh tepi jalan desa, kecamatan, kabupaten/kota dan jalan provinsi yang memungkinkan ditanam sengon, jati, mahoni secara bergiliran "setiap hari", maka dalam waktu tertentu akan dapat dipanen "setiap hari". Apabila jarak tanam 8 m, akan dapat ditanam sebanyak 125 pohon/km, pada tahun ke 3-4, ditanam kembali diantara tanaman (peremajaan). Bisa diperhitungkan berapa banyak tenaga kerja terserap dan hasil yang akan didapat (3 batang jati, diameter 20 cm setara 1 m3).
  3. Andainya..., mau menestaskan telur ayam, 3 hari sekali, maka mulai hari ke 21 akan panen anak ayam stiap 3 hari.
  4. Andainya..., telur ayam diganti dengan ikan lele (pembesaran), maka mulai hari ke 90, akan panen 3 harian. Besar uang didapat, tergantung yang direncanakan dan sebagai catatan, bibit ikan lele dipelihara 50 ekor/1 m3 dan harga Rp 6,000.00/kg (6-8 ekor).
  5. Andainya..., berbagai usaha seperti di atas dirangkaikan dalam 1 desa dan diciptakan multiplier effectnya. Contoh usaha penetasan ayam, berternak ayam, usaha pakan ayam dsb.
Salam

No comments:

Post a Comment