Wednesday, June 17, 2009

ANDAINYA SAYA JADI .....MAKA YANG AKAN SAYA LAKUKAN ...

Mimpi boleh saja, juga mengandai andai, sepanjang konstruktif untuk bangsa ini dan utamanya bagi kita sebagai "manusia" di dunia ini. Jadi pada kesempatan kali ini, saya akan mengandaikan diri saya jadi ... an apa yang akan saya lakukan. Silahkan dicermati :

MENJADI KETUA RT, MAKA SAYA AKAN MENGAJAK SEMUA WARGA UNTUK MEMBUDIDAYAKAN TANAMAN BUNGA MELATI

Pemikiran sederhananya, mudah ditanam (termasuk menggunakan pot/kaleng), cepat berbunga dan kuntum bunga bernilai jual lumayan tinggi. Turut meningkatkan kualitas lingkungan hidup, keindahan, harum dan memungkinkan untuk membuka usaha pembibitan, penjualan bunga dan keterampilan meronce kuntum bunga melati. Dampak dan implikasi positif lain.

Gambaran tampilannya, asumsi satu RT sebanyak 60 KK dan setiap KK menanam 10 Pot, akan tertanam 660 Pot, setiap hari akan menghaslkan minimal 10 kuntum/pot, akan menghasilkan 6,000 kuntum. Asumsi harga Rp 50.00/kuntum, akan memberikan income Rp 300,000.00/hari, harga kuntum setelah dironce akan semakin tinggi. Peremajaan harus dilakukan sebulan sekali dengan memotong tangkai dan tangkai dibibitkan. Apabila tiap poto dapat dibibitkan (stek) 5 batang, akan menghasilkan 3,000 bibit, dengan asumsi harga Rp 2,500.00/bibit akan menghasilkan Rp 7,500,000.00/bulan mulai bulan ke-5

Gambaran alternatif proses teknisnya, Cara Bertahap : beli 10 indukan tanaman melati indukan, stek menjadi sekitar 100 bibit dan bagikan ke warga dst sampai target 600 bibit tertanam. Cara lain, beli bibit sekaligus, resiko biaya relatif besar tetapi akan mempercepat panen.

Kegagalan, terjadi karena beberapa hal antara lain kurang sabar, penguasaan teknik budidaya tanaman melati rendah. Antisipasi, ciptakan dan kembangkan organisasi pelaksana yang ramping, efisien dan efektif dan jaring relasi dengan ahli tanaman dengan baik-benar.

Profesi lain yang dapat menyelenggarakan dengan garis besar formula yang sama seperti di atas, diantaranya : Pengusrus Masjid/Majelis Taklim, Gereja, Vihara, Karang Taruna, Ketua PKBM, Kepala Sekolah

Note :

1. Tanaman Melati hanya salah satu contoh, tanaman lain seperti Mawar juga bisa

2. Perorangan bisa saja melakukan dengan konsep yang sama, terlebih yang memiliki lahan

3. Diversifikasi usaha lain adalah Penyulingan Bunga Melati, menjadi parfum Jasmin

4. Pasar, bibit di penjualan bibit tanaman, bunga ke pasar atau hubungi organisasi Harpi Melati - Katalia terdekat di seluruh Indonesia (bisa saya bantu)

5. Cermati lebih lanjut dalam tinjauan sebagai usaha yang berpeluang membuka kesempatan kerja

Demikian, semoga bermanfaat untuk anda, lingkungan hidup dan mereka yang membutuhkan pekerjaan atau mau berusaha.

Salam....

No comments:

Post a Comment