Tuesday, June 30, 2009

CONTOH MENGHITUNG KEGIATAN AMF

HITUNG MENGHITUNG CONTOH PEMBUDIDAYAAN JATI UNGGUL SEBAGAI KOMPONEN/BAGIAN KEGIATAN DALAM PENERAPAN FORMULA AMF

SCENARIO, dibudidayakan siswa SD kelas 1 dan Orang Tuanya sebanyak 20 pohon, dalam waktu 6 tahun/lulus SD dipanen. Perkiraan hasilnya, 1/3 x 20 batang x Rp 3,000,000.00 = Rp 20,000,000.00, cukup untuk bekal ke SMP. Pada saat siswa duduk di kelas 4 SD, ditanam kembali sebanyak 30 pohon, dan dipanen pada saat lulus SMP. Demikian pula pada saat kelas 1 SMP ditanam kembali 100 pohon yang dipanen pada saat lulus SMA/SMK, untuk bekal kuliah atau berusaha relatif cukup. Belum diperhitungkan harga kayu yang naik terus, harga di atas adalah harga saat ini.
RESIKO, tidak dirawat, masa panen lambat, kualitas kayu kurang bagus. Dicuri orang
LAHAN PEMBUDIDAYAAN, minimal 1 m s.d. 500 m dpl, tidak terendam dan di ats 500 m dpl, pertumbuhan/besar batang lambat, akibatnya panen lebih lama.
PEMBIAYAAN DIPERLUKAN, benih atau bibit, pupuk kandang/3 bulan, dan anti hama pada 2 tahun pertama, pemotongan cabang 2 tahun pertama dan pengamanan mulai tahun ke3 sampai panen. Pada saat tanaman pendek atau setelah tinggi, d antara batang jati dapat ditanam tanaman jangka pendek panen 3 bulanan yang dapat menekan biaya yang dikeluarkan.
PILIHAN TANAMAN JANGKA PENDEK, antara lain Ubi, Kacang panjang, Pisang yang dipola tanamkan mingguan, agar hasil panen menrus dan dapat mengikat pasar.
CONTOH KONGKRIT, Purworejo, Sukamakmur (Bogor), Tanah Datar, Pulau Bacan (Maluku Utara)
KUNCI SUKSES, bersikap, berpikir dan berbuat dengan sungguh-sungguh walaupun mikro

Salam…

No comments:

Post a Comment