Wednesday, November 11, 2015

PENDALAMAN MATERI “ TEKNIS BUDIDAYA TANAMAN JAGUNG PANEN BENIH DI POLYBAG”


A.      PERALATAN, Cangkul, Selang, Ember, Sprayer dsb
B.      BAHAN :
1.       Benih
2.       Polybag ukuran diameter 20 dan tinggi 30
3.       Media Tanam, terdiri dari kohe matang/bahan organik lain dominan N (daun Lamtoro/Petai Cina, Kulit Nanas, Daun Sengon, Daun Trembesi dsb) sebanyak 2 bagian, Kompos tanaman lengkap (asal akar, batang, daun, bunga dan buah) sebanyak 1 bagian dan Abu atau Sekam Bakar sebanyak 1 bagian. 
4.       Bioaktivator Multiguna atau Bioaktivator PPK
5.       Larutan ekstrak Daun Sirih atau Kembang Kertas atau Kembang Kenikir
6.       Pestisida Organik
7.       Pupuk Organik Padat (POP) Dominan N, POP Dominan P dan POP Dominan K.
C.      LANGKAH POKOK :
1.       Campur media tanam dan ayak, tuangkan bagian yang halus pada dasar polybag sampai setinggi 1/3 polybag (10 cm), siram Bio M 5 sdm/liter liter atau Bio PPK 3 sdm/liter air, diamkan 24 jam.
2.       Letakkan benih dalam lubang media tanam sedalam 2-3 cm, maksimal sebanyak 2 butir/polybag berjarak sekitar 7cm antar benih, dan siram air menggunakan sprayer.
3.       Hari ke 4 atau ke 5 akan mulai sprout, semprot Bio M/Bio PPK dosis seperti terebut di atas tiap 2 hari sekali.
4.       Hari ke 10, tambahkan media tanam yang tidak terayak sampai setinggi 15 cm dan siram larutan Bio M/Bio PPK dosis seperti tersebut di atas 2 hari sekali.
5.       Hari ke 25, berikan POP Dominan N sampai setinggi 20 cm dan siram Bio M/PPK dosis seperti tersebut di atas.
6.       Hari ke 30, semprot bagian tunas dengan ekstrak Daun Sirih atau Kembang Kertas atau Kembang Kenikir dosis 10 sdm/liter air.
7.       Hari ke 35, berikan POP Dominan P sampai setinggi 25 cm dan siram Bio M dosis 10 sdm/liter atau bio PPK dosis 6 sdm/liter air
8.       Hari ke 45, berikan POP Dominan K sampai setinggi 30 cm dan siram bio M dosis 10 sdm/liter atau PPK dosis 6 sdm/liter air.
9.       Hari ke 50-55 lakukan seleksi buah, maksimal sisakan 1 tongkol yang terbaik, buah yang lain dipetik sebelum keluar rambut sebagai jagung muda atau baby corn (putren)
10.   Lakukan perawatan menerus sampai keseluruhan batang, daun dan kulit jagung mengering, benih baru dipanen pada hari 90-100
11.   Penjemuran tongkol jagung calon benih sampai kering untuk diproses lebih lanjut.
D.      CATATAN :
1.       Pencermatan atau pengawasan harus dilakukan menerus dari awal penanaman sampai panen, termasuk semprot pestisida organik di seluruh tubuh tanaman seminggu sekali untuk jjaga-jaga jangan sampai ada hama. Apabila hama muncul, segera lakukan penyemprotan atau pemusnahan.
2.       Larutan ekstrak Daun Sirih atau Kembang Kertas atau kembang kenikir, dibuat dengan cara merebus ½ kg daun sirih (kalau kembang kertas atau kenikir sebanyak 1 kg) yang dicampur dengan 2 liter air, sisakan 1 liter air dan disaring. Setelah dinngin, diberikan Bio M 10 sdm atau Bio PPK 5 sdm, masukkan botol berwarna gelap dan tutup rapat. Manfaat penyemprotan pada bagian tunas tanaman jagung adalah untuk menghindari muculnya jamur atau semut yang akan mengganggu pertumbuhan tunas.
3.       Jangan dekatkan jagung yang berjenis lain karena akan menyebabkan perkawinan silang, kecuali memang disengaja untuk menyilangkan.

E.       BENIH “GRATIS”, bagi peminat serius, saya kasih benih Jagung Manis  Indukan Hawai, produk CV Bogor Tani Jaya, Jagung Pelangi, jagung Silang Merah Hitam, Jagung Ungu dan Jagung Hitam (panen sendiri). Silahkan tulis di inbox minat benih jenis yang mana, nama & alamat lengkap atau mengambil di rumah saya. 

No comments:

Post a Comment