Sunday, November 14, 2010

EMBRIO MONUNEM SDM-KU MEWUJUD

(ORASI PRIBADI RUTIN TAHUNAN 13 NOVEMBER)


A. PENGANTAR

01. Sejak 20 tahun lalu, setiap tanggal 13 November, saya senantiasa menyajikan orasi pribadi, sebagai ungkapan kata hati dan pada tanggal 13 November 2009 yang lalu, saya ungkapkan tentang “apa yang saya lakukan di lokasi ini dan saya sebut Formula Area Multi Fungsi/AMF” (baca di blog saya : Singgihmind.blogspot.com).

02. Pada tanggal 13 November 2010 ini, tepat usia saya 54 tahun, kembali saya menyajikanny kembali dengan judul “EMBIRO MONUMEN SDM-KU MEWUJUD”

B. GAMBARAN SINGKAT “EMBRIO MONUNEM SDM-KU MEWUJUD”

01. Titik tolak. Telaah kritis penyelenggaraan program dan kegiatan Pengembangan SDM lebih dari 200 Kota/Kabupaten yang umumnya masih dihadapkan pada berbagai masalah, diantaranya adalah pilihan jenis kegiatan, bagaimana caranya, sumber pendukungnya (dana, mitra) dsb.

02. Gambaran aksi mewujudkan embrio, 2008-2010

a. Mengkristalisasikan berbagai kebijakan dalam pengembangan SDM, fokus 2010-2014

b. Mengkristaliasikan hasil kajian maupun konsepsi Pengembangan SDM ditinjau dari sisi Ekonomi yang bertiolak dari kearifan budaya lokal, lingkungan hidup dan teknologi.

c. Melakukan jalinan kemitraan ke berbagai pihak yang potensial dapat memberikan dukungan baik pemerintah, organisasi, Himpunan, Perusahaan Swasta dan BUMN.

d. Melakukan rintisan kajian aksi/membantu/membimbing/merelasikan teman dengan pihak potensial dan antar teman secara komprehensif dan holistik, sebagian dokumen terlampir (sejalan dengan salah satu butir perjanjian antara Obama dan SBY, 9 November 2010)

C. Hambatan, 2008-2010

01. Diadukan secara tertulis sampai ke Mendiknas, Gubernur DKI Jakarta dan berbagai pihak lain bahwa saya “berselingkuh dengan lembaga yang saya bimbing”, telah diinspeksi dan saya klarifikasi apa adanya.

02. Diisukan meminta, menerima dana dari institusi yang saya relasikan tanpa dasar yang jelas, tidak bisa saya hadapi karena tidak jelas ke mana menghadapinya.

D. Perwujudan Embrio , 2008-2010

01. Jaringan kemitraan dengan pihak pendukung, 46 institusi yang tengah tumbuh dengan gairah

02. Jaringan kemitraan antar institusi, 11 institusi untuk penjualan produk secara inovatif.

03. Beaiswa “khas s.d Program S3”, 6 institusi dan dalam proses 11 institusi

E. Harapan

01. Embrio benar-benar tumbuh dan berkembang menjadi sesosok Monumen, baik selagi saya hidup maupun pada saatnya janji mati saya itu tiba

02. Adanya masukan maupun pewarnaan embrio agar semakin sempurna dan visionable.

03. Adanya kontribusi mendukung kebijakan nasional tentang SDM 2014, antara lain dalam peningkatan jumlah Kewirausahaan Masyarakat yang tangguh bersaing secara signifikan.

Akhirnya, kiranya orasi ini dapat memberikan arti yang hakiki buat bangsa ini. Semoga Illahi Robi’I, senantianya mengiringi langkah sejati, tanpa toleransi. Amien….

R Singgih Praptanugraha,

Phone : 021.7270640, Faks : 021. 727.0260, Hp : 0811924600, Email : singgihpratanugraha@yahoo.com

Blog : Singgihmind.blogspot.com, YM : singgihpraptanugraha

No comments:

Post a Comment