Monday, August 3, 2009

BUDIDAYA PISANG PANEN HARIAN

Prinsipnya MENANAM TIAP HARI, LOGIKANYA PANEN TIAP HARI....caranya, yha tanam dan rawatlah tiap hari. Hitungannya....kalau harga pisang Rp 15,000.00/tandan dan ingin hasil Rp 300,000.00/hari, tanam dan rawatlah sebanyak 20 bibit pisang/hari.

Hal lain yang perlu diperhitungkan :
  1. Pilih jenis pisang yang memiliki harga jual cukup tinggi sepanjang tahun,
  2. Fahami masa tanam sampai hasil panen pisang yang berbeda, misalnya Pisang Kepok, 10-12 bulan dan pisang yang lain, antara 7-10 bulan.
  3. Pilih lahan yang memiliki kedalaman sekitar 1 m, tanpa penghambat (batu dsb).
  4. Kesabaran untuk masa awal mulai berbuat, yakni menanam dan merawat, maksimal 360 hari
  5. Pilih bibit yang sehat, warna daun hijau terang dan lebih jelasnya tanyakan Mantri Tani terdekat atau ahli yang lain. Mereka juga bermanfaat untuk memberikan informasi tentang hama, tata cara tanam dan rawat
  6. Lahan tidak memiliki, kerjasama dengan pihak lain, termasuk memanfaatkan tepi jalan yang memungkinkan
  7. Akan lebih prospektif apabila dilaksanakan tidak sendiri tapi dalam bentuk kelompok, disamping hasil produksi yang lebih banyak juga memiliki posisi tawar yang kuat. Hanya jangan rapat terus, malah bisa-bisa tidak jadi menanam.
  8. Kesulitan bibit, saya memiliki lebih dari 15 jenis antara lain pisang Raja, Kepok, Ambon, Tanduk, Nangka, Mas dsb bisa datang ke saya atau saya kirim "mata tunas" ke alamat anda.
  9. Waktu peananaman dari pembuatan lubang tanam, memberi pupuk kandang dan menanam, sekitar 15 menit/bibit
Oha yha...arah buah pisang dapat diatur, caranya pada saat menanam, arah buah pisang yang diharapkan, bertolak belakang dengan potongan umbi pisang. Ini sangat bermanfaat untuk menanam tanaman pisang di lahan yang miring.

Pesan saya, tak usah menunggu dan segera berbuat. Apabila belum dapat tiap hari, yha buat mingguan, mingguan belum mampu, buat 2 mingguan dst

Salam...

4 comments:

  1. Halo Pak Singgih, bagaimana caranya untuk memperoleh bibit pisang unggulan Bapak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bibit Pisang Unggulan saya membuat sendiri, dengan cara : mengambil dari mata tunas yang ada di bonggol pisang yang semai. Apabila hasilnya "berbentuk langsing seperti tombak dan berdaun kecil, itu tandanya bibit unggul".

      Delete
  2. Pak per 100 tanam, bulan keberapa mulai buah, berapa persen yg berbuah di awal buah, bulan kedua dan ketiga,Mksh gan

    ReplyDelete