Tuesday, December 14, 2010

MENYUSUN & MENGAJUKAN PROPOSAL BANTUAN HIBAH TIDAK SULIT


Dewasa ini lebih dari ratusan pihak yang bersedia memberikan hibah yang berorientasi pada kegiatan sosial, pendidikan, kesehatan usaha ekonomi rakyat dan lingkungan hidup. Di sisi lain, banyak pihak yang memerlukannya dan fakta, banyak belum tersambungkan, baik karena informasi maupun adanya kesulitan dalam menyusun dan mengajukan proposalnya serta sebagian lain beberapa hal yang dipersyaratkan belum terpenuhi (misalnya pengesahan Akte Pendirian Lembaga belum mendapat pengesahan dari Kemenkum & Ham).

Khususnya dalam Penyusunan & Pengajuan Proposal, pada dasarnya tidak sulit, beberapa hal pokok yang harus dilakukan :

A. PENYUSUNAN PROPOSAL

1. Cermati Informasi pemberi hibah, termasuk hibah yang telah pernah diberikan

2. Susunlah Proposal mengikuti acuan apabila tersedia, apabila tidak , jadikan 3 bagian :

a. Surat Pengantar, buatlah maksimal 2 lembar, berisi diantaranya tentang gambaran singkat pengusul, maksud & tujuan, sasaran dan manfaat apabila hibah diberikan

b. Proposal, buatlah secara singkat, minimal terdiri dari Latar Belakang, Tujuan, Harapan, Substansi (Jenis Program, Rasional, Organisasi, Pola, Dana, Waktu) yang diajukan.

c. Lampiran, menyangkut Profil Lembaga, Perincian Anggaran, Dokumen, Foto dsb


B. PENGAJUAN PROPOSAL

Ik Ikuti acuan apabila ada, apabila tidak ada, lebih baik antar langsung. Pada saat mengajukan proposal secara langsung, jangan lupa minta tanda terima dan harus mengubungi siapa untuk memonitor perkembangan proposal yang diajukan.

Dari uraian di atas, yang masih bingung bisa saya kirim contoh proposal via email, kirimkan email anda ke email saya. Demikian pula bagi anda yang bingung untuk mengajukan apa, mungkin bisa saya bantu dengan memberikan alternatif pilihan secara lengkap (datang ke Jakarta maupun saya email).

Akhirnya, apabila proposal ditolak, jangan putus asa, lakukan lagi (sebagai manusia, kita sudah berkomptesi semenjak akan menjadi embrio janin). Tanamkan, masih banyak warga masyarakat yang butuh ada dan juga bumi pertiwi ini masih butuh olahan otak dan tindakan anda. Jangan pernah menunda, karena menunda itu menanggung derita...

16 comments:

  1. Mohon bantuan contoh proposal pengajuan dana hibah yang sudah pernah berhasil.Alamat email saya : bursasaham98@yahoo.com.

    ReplyDelete
  2. Maaf, terlewat melihat commentanda, segera saya kirim via email anda ya...terima kasih

    ReplyDelete
  3. Mohon bantuan contoh proposal pengajuan dana hibah ke alamat email saya :purnamacell_pcm@yahoo.co.id

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih

    ReplyDelete
  4. Pagi, mohon di share contoh proposal untuk pengajuan dana hibah ke e-mail saya : twinboy2011@gmail.com
    terimakasih banyak.....

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Met pagi Pak, alhamdulillah, mhn kiranya sy dapat dikirimkan contoh proposalnya ke fitri.alarief@gmail.com
    Terima kasih

    = Antonius Arif =

    ReplyDelete
  7. Asslam alaikm...saya ingin membangun rumah panti yatim dan dhuafa di atas tanah kami seluas 700 M2, mohon di beri arahan untuk ajukan dana hibah atau dana block grant ....kirim ke email setya.darunnimah@yahoo.com
    trims yaa atas bantuannya

    ReplyDelete
  8. Yang saya ketahui, berbagai pemberi bantuan dana hibah, akan memberikan bantuan kalau kegiatan sudah dimulai bukan akan dimulai.

    ReplyDelete
  9. kulonuwon....menawi gadah wedal kulo nyuwon dipun kirimi sempellipun pak singgih. email kulo dedybudiawan@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  10. Mas Dedy, sampel enggal kakirim. Mugi saged dados pedoman. Nuwun

    ReplyDelete
  11. mas klo ada contoh emailnya minta dikirimi di email sy ithoo@ymail.com

    ReplyDelete
  12. Untuk Mas Dedy & Itho Nano, sample=contoh & info hibah sudah saya email, silahkan dicermati & dilakukan. Semoga sukses tanpa ekses

    ReplyDelete
  13. Mas, ika ingin mengajukan proposal ke luar negeri via email, cemana ya?
    Dan jika mas sudah ada contoh yg berhasil, mau contohnya donk...
    Trims.
    email saya ya ke agussuliadi2@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Mas, ika ingin mengajukan proposal ke luar negeri via email, cemana ya?
    Dan jika mas sudah ada contoh yg berhasil, mau contohnya donk...
    Trims.
    email saya ya ke agussuliadi2@gmail.com

    ReplyDelete