Monday, December 6, 2010

ALTERNATIF MENGISI HARI LIBUR YANG RAMAH LINGKUNGAN

Kadang, masa liburan berlalu begitu saja dan seakan waktu terbuang percuma. Bagi anda yang belum memiliki acara pada hari – hari libur akhir tahun, ingin membuat kenangan dan ramah lingkungan, terlebih berpeluang memberikan penghasilan, beberapa tips di bawah ini mungkin dapat menjadi pilihan yang menarik :

01. Membuat Kompos Organik.

02. Membuat Pupuk Cair Organik.

03. Menanam Bbit Pohon Salam, Bibit bisa saya berikan GRATIS (ambil sendiri di area

pembibitan saya, Jl. Raya Grogol, Keluuahan Krukut, Kota Depok).

04. Menanam Bibit Pohon Kluwek (Picung), bibit bisa saya berikan GRATIS (ambil sendiri di

area pembibitan saya, Kampung Cikoneng, Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor)

05. Menanam Bibit Pohon Mindri (Mindi), bibit bisa saya berikan GRATIS (ambil sendiri di area

pembibitan saya, Kampung Cikoneng, Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor)

06. Menanam Bibit Pohon Jati Unggul, Sengon Laut, Mahoni dan tanaman kayu lain bibit bisa

beli di pembibitan terdekat

07. Menanam Stek Kapuk Randu, bibit bisa saya berikan GRATIS (ambil sendiri di area

pembibitan saya, Kampung Cikoneng, Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor)

08. Membuat Bibit Pohon Pisang Tanduk, Ambon, Raja, Kepok, Angleng. Mata Tunas bisa saya

berikan GRATIS (ambil sendiri di area pembibitan saya, Kampung Cikoneng, Desa

Sukamakmur, Kabupaten Bogor)

09. Menanam bibit Tanaman Combrang (Rias=Batak). Bibit bisa saya berikan GRATIS (ambil

sendiri di area pembibitan saya, Kampung Cikoneng, Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor)

10. Menanam Serai Wangi, bibit bisa saya berikan GRATIS (ambil sendiri di area pembibitan

saya, Kampung Cikoneng, Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor)

11. Menanam Sayuran Genjer, bibit bisa saya berikan GRATIS (ambil sendiri di area pembibitan

saya, Kampung Cikoneng, Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor)

Note :

01. Belum memiliki lahan, jalin kemitraan dengan Lurah/Kepala Desa, untuk ditanam di lahan

public/tepi jalan, juga bisa dengan Pengelola Lembaga dan pihak lain yang memiliki lahan.

02.Untuk penanaman Bibit Pohon Salam, bisa menggunakan Pot

03. Tata Cara pembuatan, pembudidayaan saya kirimkan melalui email anda

04. Buatlah jadwal kegiatan setiap menit selama liburan, dengan demikian waktu libur akan

terprogram dengan materi yang terukur dan tidak membosankan.

Akhirnya, selamat mengisi hari libur dan percayalah bumpi pertiwi akan tersenyum untuk anda.

7 comments:

  1. pak, cara menanam pohon kluwek gimana? mohon dishare..

    ReplyDelete
  2. Biji kluwek yang sudah tua dicuci dan direndam dalam air semalam (12 jam), selanjutnya disemai dalam campuran tanah,kompos dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1:1, siram 2 hari sekali bila perlu. Sekitar 10-15 hari, tunas akan muncul dan setelah tinggi tunas 30-40cm(sekitar 2 bulan), tanam di tanah

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Pak,

    Bagaimana menanam biji salam? Perlu bijinya hanya ditaruh di tanah atau di timbun dengan tanah ? Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Untuk menyemai benih (biji) salam, biasanya saya memungut buah yang jatuh, kemudian saya tanam di tanah (campur pupuk kandang) sedalam sekitar 3 cm, disiram sore hari kalau perlu. Setelah tumbuh setinggi 10 -15 cm, saya pidahkan ke pollybag atau pada saat penyemaian benih langsung di pollybag.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak
      bagai mana cara pembibitan sayuran genjer, dengan pembibitan dari biji buahnya, mhon bantuannya

      Delete
  6. Salam kenal Pak
    Saya Susi mahasiswi keperawatan UIN Jakarta. Sejak 16 September hingga 16 Oktober 2016 saya dan team mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui program kesehatan. Salah satu program yang akan kami laksanakan adalah GADANG ( Gerakan Anti DBD dan Chikungunya). Kegiatan tersebut merupakan kerja bakti memberantas sarang nyamuk dan menanam tanaman serai wangi sebagai pengusir nyamuk. Atas dasar itulah sudilah kiranya Bapak turut andil dalam kegiatan tersebut melalui donasi bibit serai wangi. Mohon balasan pesan ini Pak. Terima kasih

    ReplyDelete