Tuesday, July 7, 2009

MENGANGGUR DI INDONESIA....NO WAY...!!

KOQ, MASIH BANYAK "PENGANGGUR" YHA...

Mestinya, di Indonesia yang gemah ripah loh jinawi ini, gak perlu ada penganggur, masyarakat miskin dan putus sekolah. Hari ini, benar-benar saya temukan mereka di Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sebagian besar merupakan pendatang dari daerah, tinggal di hunian yang kumuh, tidak sehat dan padat banget... miris rasanya.

Minggu lalu, saya berada di kampung Cikoneng, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Bogor sekitar 45 menit dari Citeureup ke arah timut. Di sana, anak muda sangat jarang ditemui, apalagi yang mau bekerja di sawah atau kebun. Umumnya, mereka pergi di kota, termasuk Jakarta dan beberapa diantaranya saya temukan di Kelapa Gading, menjadi urban dengan tata kehidupan yang jauh di bawah kewajaran. Alasan klasik, gak mau kerja kotor (di sawah atau kebuh) hasil lama.... dan gak menjanjikan. Tampak berebut, bekerja sebagai tukang ojek.

Andainya, di Cikoneng style pekerjaan di kota di tumbuh kembangkan (usaha warnet, komputer), dan usaha pertanian dengan hasil jelas dan prospektif dilakukan (budidaya pisang panen harian/mingguan dsb), mungkin mereka tak harus ke kota. Dampaknya, kehidupan ekonomi di Cikoneng tumbuh dan berkembang. Implikasi positifnya, jelas luar biasa, termasuk gak perlu ada penganggur.

Pertanyaannya, adakah yang mau memulai membantu mereka secara nyata ?, tidak harus di Cikoneng dan saya bantu konsepsinya. Mudah, murah dan meriah....Terlebih, bisa dilaksanakan di 75ribuan desa se Indonesia.

Salam...











No comments:

Post a Comment