Friday, December 25, 2015

PENDALAMAN MATERI “MAKANAN/NUTRISI TANAMAN”

Umumnya masa tanaman dibagi menjadi 2 bagian yakni masa vegetatif dan masa generatif, tetapi dalam group SIS saya bagi menjadi 3 bagian masa, yakni masa 0-ABG, ABG-Remaja & Remaja-Dewasa. Pada ke-3 masa dimaksud memang terlihat sekali jenis makanan/nutrisi dominan yang sangat berbeda, yakni masa O-ABG, harus dominan N, masa ABG-Remaja harus dominan P, N mulai menurundan pada masa Remaja-Dewasa, Dominan K kemudian P, N harus NOL dan pada ketiga masa makanan lainnya sekedar ada. Agar lebih kongkrit :
1.    Ukuran masa,
a.       Tanaman usia panen 3 bulan, 0-28 hari adalah masa O-ABG, usia 29-49 hari adalah masa ABG-Remaja, >49 hari sd panen, masa Remaja-Dewasa. Contohnya, tanaman Cabai, Padi, Jagung dsb
b.       Tanaman usia panen 7 bulan, 0-84 hari adalah masa 0-ABG, usia 85-140 hari adalah masa ABG-Remaja, >140 hari sd panen, Remaja-Dewasa. Contohnya, tanaman Singkong, Pisang (kecuali pisang Kepok, Pepaya dsb
c.       Tanaman usia panen 12 bulan, 0-120 hari adalah masa 0-ABG, 121-210 hari adalah masa ABG-Remaja, >210 hari sd panen adalah masa Remaja-Dewasa. Contohnya, tanaman Pisang Kepok
d.       Tanaman Kayu masa panen >5 tahun, panen musim (rambutan dsb) rumusannya terpisah)
2.    Banyaknya makanan yang diperlukan, rumusan umumnya adalah, unsur N (terbanyak) sekitar 5% dari berat tanaman, unsur P sekitar 4.5% dari berat tanaman dan unsur K sekitar 4% dari berat tanaman. Dalam pemberian makanan, perhitungan dimaksud dalam bentuk “kisaran”, angka “tepatnya”, akan sulit dicapai. Seperti manusia makan 3 kali sehari, ukuran kisarannya sebanyak 1 piring makan.
3.    Bahan makanan, produk pabrikan dalam bentuk pupuk kimia dan ada yg bahan organik, misalnya untuk N, dari daun trembesi 5%-7%, daun lamtoro 3%, urine kelinci 2,4%, kohe kambing 2%-2.4% dsb. Untuk unsur P, dari kulit manggis 14%, hewani protein tinggi dan unsur K dari kulit pisang 14%.
4.    Pupuk Kimia sudah siap tersaji untuk dikonsumsi,  sedang yg dari bahan organik perlu waktu untuk diolah sampai siap disajikan. Agar lebih cepat dapat menggunakan Bio M atau Bio PPK dengan waktu sekitar 2 minggu sebelum diberikan.
5.    Akibat salah dalam memberikan makanan, misalnya kebanyakan N, akan mati mengering seperti terbakar, pemberian P sebelum masanya akan kerdil berdaun tua, pemberian K sebelum masanya akan berbunga dan beruah sebelum masanya.

Silahkan dicermati.

No comments:

Post a Comment